Minggu, 28 Maret 2010

BOC Akan Investasi di Sektor Jalur Kereta Api « Pacific2000

Apakah Anda mencari beberapa informasi dalam pada lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010? Berikut adalah up-to-date laporan dari lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 ahli yang seharusnya tahu.

BOC Akan Investasi di Sektor Jalur Kereta Api

Monday, March 29th, 2010 11:23:25 | Save as PDF Save as PDF

bank-of-china22Bank of China diperkirakan akan melakukan investasi senilai 6,6 miliar yuan di Beijing-Shanghai High-Speed Railway Corp. sebuah perusahaan yang meng-opersikan jalur kereta api sepanjang 1.318 km yang akan menghubungkan beberapa kota besar di Cina, kata suatu sumber yang sangat mengetahui masalah ini.

Menurut rencana bank  nasional milik pemerintah terbesar ketiga di Cina ini akan membeli sebanyak 6 miliar lembar saham dari China Railway Invesment Corp.(CRIC) derngan harga perlembar saham sebesar 1,1 yuan.

CRIC saat ini menguasai 56,2 persen saham di Beijing-Shanghai High-Speed Railway Corp dan menurut rencana akan melepas sahamnya lagi sebanyak 4,5 persen guna mendapatkan dana segar sebesar 6 miliar yang nantinya dana ini akan digunakan untuk pembangunan jalur kereta super cepat.

Rencana ini telah mendapatkan restu dari regulator perbankan dan kesepakatan ini nantinya akan ditindak lajuti oleh Bank of China Group Investment Ltd yang berbasis di Hong Kong yang khusus menangani mengenai masalah investasi. Menurut rencana hal ini akan diumumkan oleh otoritas bursa pada 30 Maret besok. Analis menilai rencana ini merupakan hal yang baru dimana sebuah bank komersial melakukan terobosan bisnis untuk melakukan investasi pada sektor non-finansial.

Dengan berharap pada tingkat keuntungan yang baik akibat monopoli yang dilakukan oleh pemerintah terhadap semua jalur kereta api, maka pada 2007 perusahaan-perusahaan seperti, Industrial and Commercial Bank of China, China Construction Bank and Bank of China sangat berminat untuk melakukan investasi di sektor ini sebelum perusahaan Beijing-Shanghai High-Speed Railway Corp ada. Namun kebijakan perbankan saat itu melarang rencana ini.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan sedikit lebih membaca, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

She Minhua analis sektor perbankan pada Haitong Securities, mengatakan bahwa investasi pada bisnis perkereta apian akan memerikan return yang baik bagi BOC terutama yang ditopang oleh makin membaiknya bisnis perkereta apian di Cina.

Dia juga tidak yakin bahwa bisnis yang dilakukan  oleh BOC ini merupakan bisnis jangka panjang karena bisnis ini sangat berbeda jauh dengan bisnis di sektor finansial. œPerbankan Cina saat ini sangat membutuhkan modal yang besar jika ingin melakukan ekspansi bisnis. Menggunakan dana publik yang sangat besar untuk melakukan investasi bukan merupakan pilihan yang baik, tambahnya.

Bank of China pada Februari yang lalu merencanakan akan melakukan right issue convertible bonds senilai 40 miliar yuan dan 20 persen saham H baru guna mencukupi CAR nya akibat tingginya pemberian kredit yang tercatat lebih dari 50 persen pada tahun yang lalu.

Pembuatan jalan kereta api di Cina kebanyakan didanai dari hasil penerbitan obligasi terutama yang dilakukan oleh Kementerian Jalan Kereta Api. Ping An Asset Management Ltd dan national social security fund merupakan dua  perusahaan yang memiliki masing-masing 13,9 persen saham dan 8,7 persen saham di Beijing-Shanghai High-Speed Railway Corp dan kedua perusahaan tersebut diatas adalah perusahaan yang menjadi pemegang saham terbesar kedua dan ketiga.

Dipicu oleh meningkatnya pembangunan jalan kereta api terutama yang ditopang oleh pemberian stimulus tahun lalu telah mendorong Kementerian perkerta apian untuk mencari permodalan baru terutama dengan cara melakukan IPO guna mendapatkan dana untuk mebiayai pembangunan proyek jalan kereta api.

Beberapa sumber mengatakan pada awal bulan ini bahwa Beijing-Shanghai High-Speed Railway Corp telah mendapatkan lampu hijau untuk segera melakukan IPO guna memperoleh dana sekitar 50 miliar yuan untuk mendanai pembangunan proyek perkereta apian.

Pembangunan jalur kereta api super cepat antara Beijing dan Shanghai menurut rencana akan menenlan anggaran sebesar 220,9 miliar yuan, dan proyek ini menurut rencana akan mulai dioperasikan pada 2012. Saat ini dana yang telah dikucurkan sebenyak122,4 miliar yuan. (CD)


Artikel ini cakupan informasi selengkap dapat hari ini. Tetapi Anda harus selalu masih terbuka kemungkinan bahwa penelitian masa depan dapat mengungkap fakta-fakta baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar