Jumat, 21 Mei 2010

Sekilas Perkembangan Internet di Indonesia | IlmuKomputerPlus Weblog

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya dengan lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010? Laporan informatif ini dapat memberikan wawasan tentang segala sesuatu yang Anda pernah ingin tahu tentang lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010.
Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru,interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yangtanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebutinternet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksibisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikankontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan / industrimaupun pemerintah. Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas danefisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai saranakomunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasiyang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha ataulembaga lainya.

Konsep B to B (Busines toBusiness), B to C (Business to Customer), telah banyak diterapkan olehsebagian besar perusahaan di dunia. Bahkan terakhir akan merambah kesektor Government, dengan konsep G to G (Government to Government), G toC (Governement to Customer), serta G to B (Government to Business).Tingkat pertumbuhan pengguna internet juga menunjukan angka yang sangatfantastik, bahkan internet telah menjadi bagian kebutuhan dalam sebuahrumah tangga. Fenomena ini menunjukan bahwa 5 sampai 10 tahun yang akandatang teknologi informasi akan menguasai sebagian besar pola kehidupanmasyarakat, badan usaha maupun pemerintah.

Secara keseluruhanmemang masih dapat dikatakan bahwa internet relatif baru dikenal olehmasyarakat Indonesia dan frekuensi pemakainyapun belum terlalu banyak.Namun perkembangan internet di Indonesia telah menunjukan perkembanganyang signifikan.

Namun dibanding dengan negara-negara asia yanglebih maju, seperti Singapura, Taiwan dan hongkong, Indonesia masihketinggalan jauh. Indikasi yang kuat adalah masih terbatasnya jumlahpelanggan internet yang baru berkisar 1.680.000 pelanggan sampai dengantahun 2001 (APJII) atau tidak lebih 5 persen dari total jumlah rumahtangga di perkotaan. Dibandingkan dengan negara-negara Asia yangtersebut di atas, yang lebih matang pasar internetnya seperti Singaporeyang telah memiliki pelanggan sebanyak 47,4 persen dari jumlah rumahtangga maka kondisi pasar internet di Indonesia masih ketinggalan jauh.Sedangkan sebagai pembanding yang lainnya adalah di Taiwan dan Hongkongyang masing-masing 40 persen dan 26,7 persen dari jumlah rumah tangga(Newsbyte, 2001). Contoh lainnya adalah di China yang berpenduduk lebihdari satu milyar telah memiliki tidak kurang dari 24 juta pemakaiinternet dengan tingkat penetrasi mencapai 7 persen terhadap penduduk diatas usia 5 tahun (Iamasia, 2001). Ditinjau dari gambaran statistik diatas maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa masyarakat penggunainternet di Indonesia masih baru taraf pengenalan atau masih merupakanpasar yang baru muncul (mulai).

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda telah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

Walaupun Indonesia masih dalamtahap awal perkembangan pasar internet, namun peningkatan jumlahpelanggan internet yang ada saat ini menunjukan bahwa peluang pasarinternet di Indonesia cukup besar. Memang pada tahun 2001 terjadikelesuan, namun itu bersifat sementara karena efek dari krisis globalyang sedang di alami, disamping pengaruh tragedy penghancuran Gedung WTCsebagai simbul pusat perekonomian dunia. Efek dan pengarih global inibisa dilihat dengan penurunan jumlah registran untuk domain id yangmencapai 17,9 % dari jumlah registran pada tahun 2000, yaitu dari angka4264 registran turun menjadi 3501 registran. Namun penurunan permintaandomain id tersebut tidak serta merta berbanding lurus denganpengingkatan jumlah pelanggan internet, karena justru pada tahun 2001persentasi jumlah pelanggan internet menunjukan kenaikan angka yangsangat tinggi, yaitu 121%, dari 760000 pelanggan meningkat menjadi1680000 pelanggan.

Perkembangan tersebut juga telah menumbuhkanpeningkatan jumlah perusahaan penyedia jasa layanan internet / ISP(Internet Service Provider), yang pada akhir tahun 2001 ini telahmencapai 68 ISP. Hal ini menunjukan bahwa peluang pasar yang dilahirkandari internet cukup besar. Pada tahun 2001 memang secara global terjadipenurunan khususnya di bisnis cyberspace ini, namun hal itu merupakanseleksi alam dimana ternyata justru peningkatan layanan customer semakinmeningkat, dan menunjukan juga bahwa pemain bisnis yang tetap surviveadalah para pemain yang serius akan model bisnis yang dikembangkannya(berita detik).

Namun disamping kondisi yang postitif di atas,pada pertengahan kwartal pertama tahun 2002, terjadi fenomena menarik,karena sebuah jaringn ISP terluas yaitu WasantaraNet telah menutupsebagian kantor cabangnya. Kemudian berikutnya, disusul ISP yangmemiliki jaringan luas juga, yaitu MegaNet mengumumkan bahwaperusahaannya telah menutup semua kantor operasionalnya. Kondisi inijelas kurang menguntungkan bagi perkembangan akses informasi olehmasyarakat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan tidak beroperasinyakembali sebagian kantor cabang ISP tersebut, dianataranya, karenaalasan cost perasionalnya yang terlalu tinggi, yang tidak bisa dipenuhioleh pendapatanya. Namun pada perkembangan terakhir disebutkan bahwaalasan utamanya adalah karena persaingan tidak sehat yang dilakukan olehTELKOM, dengan TelkomNet Instantnya.

Dari semua kondisi di atas,yang utama bagi user internet Indonesia adalah akses yang murah dancepat, sehingga mereka bisa menikmati perkembangan teknologi informasi,terutama user internet di tingkat masyarakat daerah. Semua itu akanterwujud jika pengambil kebijkan di bidang ini bisa memiliki pandanganyang seimbang, baik dari segi user internet (masyarakta), maupun darisegi perusahaan penyedia jasa layanan internet dan teknologi informasi.

Tidak ada keraguan bahwa topik dari lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010 bisa menarik. Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab tentang lowongan kerja informasi kerja terbaru 2010, Anda mungkin menemukan apa yang Anda cari di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar